Cara Mencegah Hipertensi Pada Ibu Hamil

Cara Mencegah Hipertensi Pada Ibu Hamil

Cara Mencegah Hipertensi Pada Ibu Hamil – Bagi setiap pasangan yang telah menikah kehamilan menjadi salah satu momen yang tunggu –tunggu karena akan hadirnya sang buah hati dalam kehidupan mereka.Cara Mencegah Hipertensi Pada Ibu Hamil

Karena janin yang di kandung adalah anugerah yang sangat istimewa maka setiap ibu harus menjaga dan merawat kandunganya dengan baik.

Jika kandungan tidak dijaga dan di rawat dengan baik akan di khawatirkan ada beberapa hal yang akan mengganggu pertumbuhan janin dalam masa kehamilan, salah satu yang harus di waspadai yaitu hipertensi pada ibu hamil.

Ibu hamil yang memiliki tekanan darah diatas 140/90 mmHg dapat dikatakan mengalami hipertensi,tekanan darah tinggi nyatanya dapat membahayakan kesehatan janin maupun ibu yang mengandungnya.

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya hipertensi pada ibu hamil yaitu diantaranya :

  • Berat badan yang lebih (Obesitas)
  • Berlebihan dalam mengkonsumsi kafein
  • Banyak minum alkohol
  • Hamil di usia tua (diatas usia 35 tahun)
  • Merokok
  • Faktor keturunan

Ibu sedang mengandung harus mengetahui tanda- tanda dan gejala hipertensi (tekanan darah tinggi) sebab jika tidak ketika ibu mengalami tekanan darah tinggi saat kehamilan.

Ada banyak kemungkinan yang membahayakan pada ibu atau pada bayi yang di kandung diantaranya

  • bayi lahir dengan berat badan di bawah rata-rata
  • cairan ketuban yang sedikit
  • cedera otak pada bayi
  • mengurangi suplai darah ke plasenta
  • kebutaan

Untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan tersebut ibu perlu melakukan pencegahan,ada beberapa cara mencegah hipertensi pada ibu hamil yang bisa anda lakukan diantaranya :

  1. menghindari kafein dan alkohol

kebiasan buruk ini bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi karena dapat menaikan tensi darah dengan cepat serta sangat berbahaya sekali bagi janin yang sedang di kandung.

  1. Mencegah berat badan lebih (Obesitas)

Obesitas merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit hipertensi,tidak hanya itu obesitas juga dapat memicu penyakit lain yang berbahaya,

dalam mengkonsumsi makanan sebaiknya konsumsi secukupnya tidak perlu berlebihan yang membuat berat badan menjadi naik secara tiba-tiba.

  1. Menghindari stres

Stres menyebabkan gangguan kesehatan bagi ibu sekaligus janin yang di kandungnya,stres salah satu gejala buruk pada kehamilan.

Untuk menghindari stres sebaiknya ibu yang hamil menjauhi pikiran negatif dan memperbanyak istirahat dan relaksasi,perbanyak waktu bersosialisasi dengan orang lain agar tidak cenderung menyendiri.

  1. Melakukan olahraga secara teratur

Membuat tubuh menjadi lebih segar serta menurunkan berat badan selain itu juga olahraga dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Ibu yang sedang mengandung sebaiknya memilih olahraga ringan seperti jogging ataupun berenang karena haarus memperbanyak istirahat dan mengindari capek berlebihan.

  1. Mengatur pola makan

Ini sangat penting untuk orang yang tidak ingin terkena teknanan darah tinggi apalagi untuk ibu hamil sangat di anjurkan mengatur pola makan.

Karena untuk asupan nutrisi bagi janin yang dikandung, dalam menjaga pola makan sebaiknya perbanyak makanan yang mengandung potasium,magnesium,omega 3,kalsium.

  1. Perbanyak istirahat

Salah satu cara memperkecil terkena resiko hipertensi yaitu dengan memperbanyak

istirahat karena jika kurang istirahat contoh seperti kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah yang memicu terjadinya preeklampsia.

Bagi wanita yang sedang hamil mengurangi pekerjaan dan memperbanyak istirahat merupakan hal sangat di anjurkan.

Bagi anda yang terkena hipertensi jauhi penggunaan obat-obatan karena bisa saja memliki efek samping yang membahayakan bagi janin anda sebaiknya konsultasi kepada dokter atau mengkonsumsi Obat Hipertensi Alami yang aman bagi ibu hamil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*