Gejala Hernia Pada Anak

Gejala Hernia Pada Anak – Hernia merupakan kelainan pada tubuh yang mengakibatkan adanya benjolan pada area tertentu. Itu terjadi akibat sebuah organ yang mendorong keluar melalui jaringan otot yang lemah. Kondisi seperti ini, selain bisa terjadi pada orang dewasa hernia juga bisa terjadi pada anak.

Jika hal tersebut terjadi pada anak, tentunya akan membuat anak merasa terganggu karena rasa sakit yang timbul dari hernia tersebut. Penyakit hernia perlu ditangani sebelum menimbulkan beberapa komplikasi, apalagi jika keadaan tersebut terjadi pada anak.

Gejala Hernia Pada Anak

GEJALA HERNIA PADA ANAK

Terdapat dua jenis hernia yang sering terjadi pada anak yaitu hernia inguinalis dan hernia umbilikalis. Kedua jenis hernia tersebut menimbulkan beberapa gejala yang mungkin bisa dikenali oleh anda. Dibawah ini adalah gejala hernia pada anak berdasarkan jenisnya, berikut diantaranya :

Hernia Inguinalis

Jenis hernia ini kebanyakan terjadi pada laki-laki dan ditemukan pada pangkal paha, gejala yang sering muncul akibat hernia jenis ini yaitu :

  • Perut Seperti Tertekan. Hernia jenis ini memberikan efek tidak nyaman pada perut seperti adanya tekanan dibagian bawah. Tekanan ini mengakibatkan rasa sakit ketika posisi duduk dan berdiri secara tiba-tiba.
  • Tonjolan Pada Pangkal Paha. Adanya tonjolan tersebut akan sangat terlihat jelas ketika anak berdiri, tonjolan tersebut terletak disekitar tulang kemaluan atau pangkal paha. Gejala ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika berjalan karena gesekan tersebut.
  • Muncul Rasa Panas Dan Perih Pada Tonjolan. Biasanya pada bagian tonjolan timbul rasa perih dan panas, sehingga menimbulkan rasa saskit yang tidak tertahankan. Jika sudah begitu langkah penanganan harus segera dilakukan.

Hernia Umbilikalis

Hernia jenis ini sangat sering terjadi pada anak-anak, jenis ini menyebabkan usus keluar dari dinding perut sehingga terlihat menonjol pada bagian pusar. Tonjolan tersebut diakan akan terlihat, akan tetapi jika anak menangis maka tonjolan tersebut akan terlihat. Gejala yang bisa muncul akibat hernia jenis ini yaitu :

  • Anak Lebih Sering Muntah. Gejala yang terjadi ketika anak mengalami hernia umbilikalis yaitu anak lebih sering muntah, itu karena bayi sama sekali tidak kuat menahan rasa sakit yang muncul akibat hernia. Keadaan juga bisa menjadi lebih parah akibat tonjolan yang keluar.
  • Adanya Tonjolan Di Sekitar Pusar. Tonjolan tersebut biasanya akan terlihat pada saat anak menangis, dan bukanlah kondisi yang berbahaya. Keadaan tersebut biasanya akan menghilang hingga anak berusia 1 tahun. Namun jika lebih pengananan pun harus dilakukan salah satunya yaitu dengan langkah operasi.

Mungkin itulah gejala hernia pada anak berdasarkan jenis yang sering muncul pada anak, dengan adanya informasi ini semoga menambah wawasan anda tentang gejala hernia yang terjadi pada anak.

Baca juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*