Makanan Pemicu Kanker Prostat Dan Beberapa Langkah Pencegahannya

Makanan Pemicu Kanker Prostat – Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang sangat harus diwaspadai oleh kaum pria. Penyakit ini menyerang organ vital pria yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor kebiasaan buruk seperti kebiasaan merokok, jarang berolahraga ataupun mengkonsumsi jenis makanan tertentu.

Makanan Pemicu Kanker Prostat

MAKANAN PEMICU KANKER PROSTAT

Beberapa jenis makanan juga bisa meningkatkan resiko terkena kanker prostat, sehingga kaum pria harus mengetahui jenis makanan tersebut. Berikut dibawah ini merupakan jenis-jenis makanan dan minuman yang memicu datangnya kanker prostat.

  • Alkohol

Mengkonsumsi alkohol lebih dari 20 gelas perminggu, sangat tidak baik untuk kesehatan dan tentunya meningkatkan resiko terkena kanker prostat. Orang yang sering mengkonsumsi alkohol terutama pria sangat beresiko.

Bukan hanya itu saja, masalah kesehatan lain juga bisa muncul akibat dari kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol.

  • Daging Merah

Daging merah memang enak untuk dijadikan berbagai olahan makanan, namun dengan banyak mengkonsumsi dagingmerah dapat mengakibatkan resiko terkena kanker prostat.

Itu karena, saat proses di masak dengan suhu tinggi akan terjadi reaksi kimia didalam daging. Sebaiknya batasi konsumsi daging, dengan sebanyak 3 ons setiap minggu.

  • Makanan Dengan Lemak Jenuh

Makanan dengan kadar lemak jenuh bukan hanya memicu berbagai penyakit jantung, kanker protat juga bisa diakibatkan oleh jenis makanan ini. Daging, saus salad, makanan yang digoreng, makanan olahan merupakan jenis yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Bukan hanya makanan saja, keblebihan berat badan atau obesitas juga dapat meningkatkan resiko kanker prostat. Adapun beberapa cara dalam mencegah kanker prostat dengan gaya hidup lebih sehat dan merubah pola makan, seperti :

  • Olahraga rutin
  • Perbanyak konsumsi asupan sayuran dan buah pada menu makan anda
  • Mengurangi asupan lemak hewani, daging merah dan makanan pemicu kanker prostat
  • Melakukan deteksi dini seperti dengan metode tes colok dubur.

Melakukan deteksi dini sebagai langkah mencegah kanker serta mencegah lebih parah dan meningkatkan keberhasilan pengobatan.

Baca Juga :

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*