Makanan Untuk Penyempitan Jantung

Makanan Untuk Penyempitan Jantung

Makanan Untuk Penyempitan Jantung – Jantung merupakan organ penting dalam tubuh kita yang memiliki fungsi memompa darah ke paru-paru hingga ke seluruh tubuh.Besarnya jantung sebesar kepalan tangan dan hanya memiliki massa kurang lebih 300 gram.Makanan Untuk Penyempitan JantungTapi seiring dengan berjalanya waktu pembuluh darah manusia akan kotor karena makanan yang dikonsumsi. Menjaga pola makanan sehat merupakan salah satu upaya pencegahan penyempitan jantung.

Penyakit jantung di Indonesia salah satunya yaitu penyempitan jantung merupakan pembunuh nomor satu.

Karena komplikasi yang timbul dari penyempitan jantung sangat berbahaya,seperti Gagal jantung, Aritmia (kelainan pada jantung), Serangan jantung, Jantung bengkak.

Penyempitan ini terjadi karena plak yang menempel pada pembuluh darah jantung.Banyak makanan yang menyebabkan pembuluh darah menjadi menyempit adalah :

  • Mie instan
  • Pewarna
  • Penyedap rasa
  • Gorengan
  • Makanan yang mengandung pengawet

Oleh sebab itu menjaga makanan yang kita konsumsi sangat penting agar dapat terhindar dari resiko terkena penyempitan jantung.Banyak cara mengatasi penyempitan jantung yang bisa anda lakukan untuk menjaga pembuluh darah supaya tidak terjadi penumpukan plak yang disebabkan oleh makanan.

Berikut ini makanan yang bisa di konsumsi untuk penyempitan jantung :

  • Pisang

Memiliki kandungan kalium yang menjaga fungsi jantung serta menyeimbangkan air dan natrium dalam tubuh,selain itu juga pisang memiliki manfaat lainnya seperti menjaga tekanan darah, menormalkan denyut jantung,meredakan nyeri jantung,mencegah penyakit jantung.

  • Tomat

Jenis buah ini sering dikonsumsi sebagai sayuran tapi kandungan vitamin C,A,Kalium, dan seratnya sangat tinggi,selain itu tomat mengandung lycopene yang berfungsi mencegah dan mengobati penyempitan jantung.

  • Apel

Apel memiliki kandungan flavonoid yang memiliki peran utuk mencegah proses oksidasi kolesterol jahat.Kandungan flavonoid juga mencegah penumpukan bakteri pada arteri yang menyebabkan peradangan.

  • Coklat hitam

Kaya akan flavonol yang memiliki efek menjaga kesehatan jantung dan mengencerkan darah,selain itu juga flavonol meningkatkan fungsi dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

  • Delima merah

Menurut penelitian buah delima merah dapat mengurangi penumpukan bakteri di pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Senyawa antosianin membantu mengurangi  plak dalam jantung karena delima merah mengandung  antioksidan yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan jantung.

  • Ikan tuna

Ikan jenis ini mengandung omega-3,vitamin B12,D,selenium dan niacin.Niacin ini ini dapat membantu menurunkan kolesterol.

Mengkonsumsi ikan tuna harus dengan bijak karena menurut beberapa penelitian ikan tuna mengandung merkuri yang bisa meracuni tubuh,jadi mengkonsumsi ikan tuna harus secukupnya.

  • Kismis

Makanan yang terbuat dari anggur yang dikeringkan ini mengandung antioksidan yang bagus untuk penderita penyakit jantung.

Karena antioksidan dapa memerangi bakteri yang menyebabkan penyakit gusi,perlu diketahui jika dari penyakit gusi bisa memperparah penyakit jantung.

By post : OBAT HIPERTENSI ALAMI DAN CEPAT TURUN

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*