Penyebab Kanker Nasofaring

Penyebab Kanker Nasofaring

Penyebab Kanker Nasofaring – Mungkin orang jarang mendengar penyakit kanker yang satu ini karena letaknya yang tersembunyi, namun siapa sangka jika kanker nasofaing menduduki posisi no.4 terbanyak setelah kanker leher rahim,kanker kulit dan kanker payudara.Penyebab Kanker NasofaringKanker nasofaring banyak menyerang ras mongoloid termasuk Indonesia yang ditemukan kurang lebih sebanyak 60% penderita.

Untuk penanganan kanker nasofaring sangat jarang menggunakan metode pembedahan,sebab letaknya yang berdekatan dengan saraf dan pembuluh darah.

Penderita kanker ini lebih banyak menggunakan metode radioterapi,kemoterapi dan juga dengan cara alami, namun jika kanker telah menyebar hingga getah bening maka metode pembedahan harus digunakan supaya kanker tidak lebih menyebar luas lagi.

Tentunya segala sesuatu tidak akan langsung terjadi seperti halnya kanker nasofaring pasti ada sebab-sebab yang mengakibatkan penyakit ini.

Lalu, apa saja penyebab kanker nasofaring ini ?

  1. Merokok dan terpapar asap rokok

Seperti yang kita tahu rokok merupakan sumber dari berbagai penyakit berbahaya termasuk salah satunya yaitu kanker nasofaring.

Ada beribu-ribu zat kimia berbahaya yang terkandung didalam rokok maupun asap yang dihasilkannya,tentunya itu sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

  1. Faktor genetik

Siapa sangka jika faktor gen bisa menjadi salah satu penyebab kanker nasofaring jika didalam  keluarga ada yang mengalamkanker ini maka resiko terhadap keturunannya akan semakin besar.

  1. Virus Epstein-Barr

Ini bisa dikatakan pemicu utama datangnyab kanker nasofaring karena banyak ditemukan pada penderita kanker nasofaring memiliki virus ini cukup tinggi.

Virus Epstein-Barr ini ada dimana-mana bahkan terdapat juga diudara bebas, sehingga mudah bagi seseorang untuk terserang virus ini.

  1. Pola hidup yang kurang sehat

Menjalani hidup dengan kurang sehat bisa meningkatkan resiko terkena kanker nasofaring. Kurangnya berolahraga serta seringnya terpapar polusi udara ataupun asap rokok tanpa menggunakan masker akan berdampak pada kesehatan.

  1. Kurangnya menjaga pola makan

Menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi bisa menjauhkan kita dari penyakit kanker ini.

Namun jika pola makan tidak seimbang serta tidak teratur,seperti seringnya mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam ataupun makanan yang telah difermentasi dan juga melalui pengasapan sangat beresiko juga meningkatkan seseoraang terkena kanker nasofaring.Penyebab Kanker Nasofaring

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*